id

RSUD Kota Tangerang Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Berdonor Darah

By  Agu 16, 2017 | 16:09
Kegiatan donor darah di RSUD Kota Tangerang. Selain untuk memenuhi kebutuhan darah, kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati HUT RI ke-72. (Banten Hits/Maya Aulia)

Tangerang - Selain memberikan manfaat kepada penerima, kegiatan donor darah juga banyak memberikan manfaat kepada pemberi darah. Dan perlu diketahui, bahwa satu kantong darah dapat menyelamatkan tiga nyawa. Pasokan darah akan dipecah menjadi 3 komponen yaitu, sel darah, plasma dan trombosit.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan darah di yang dikelola Palang Merah Indonesia (PMI) adalah dengan melalui donor darah. Salah satunya dilakukan oleh RSUD Kota Tangerang.

Selain untuk memenuhi pasokan darah di Kota Tangerang, kegiatan donor darah yang dilakukan di Aula RSUD Kota Tangerang ini juga dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 sekaligus mengajak masyarakat hidup sehat dengan cara mendonorkan darahnya.

Tidak kurang, sudah ada 150 pendonor sejak pendaftaran donor darah yang dibuka oleh rumah sakit yang mendapat penghargaan pelayanan publik kategori A untuk pelayanan.

"Kegiatan donor darah bisa diikuti oleh pegawai maupun pengunjung rumah sakit," kata panitia pelaksana donor darah, dr Erika Zubaedah, Rabu (16/8/2017).

Kegiatan donor darah yang digelar merupakan upaya RSUD Kota Tangerang juga bertujuan mengajak dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penting dan manfaat bagi kesehatan tubuh melalui donor darah.

Kata Erika, masyarakat tidak perlu khawatir, karena sebelum diserahkan ke PMI akan diperiksa terlebih dahulu kesehatan darahnya.

Selain bisa menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah juga mempunyai banyak manfaat bagi para pendonor
Selain bisa menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah juga mempunyai banyak manfaat bagi pendonor

"Darah yang didonorkan di sini dijamin bebas dari penyakit menular, seperti HIV, sifilis, dan sebagainya," ujarnya seraya menambahkan bahwa kegiatan tersebut akan dilakukan secara rutin tiga bulan sekali.

Heriyanto (32) salah satu pendonor mengaku memang rutin mendonorkan darahnya. Dirinya mengaku setelah mendonor darahnya menjadi lebih segar.

"Ini kegiatan yang sangat positif ya, karena biasanya di PMI. Setelah donor darah badan berasa menjadi lebih segar karena menjadi tubuh lebih sehat," kata Heri yang kebetulang memang tengah menunggu keluarganya yang tengah dirawat di RSUD.

Ia berharap, kegiatan positif tersebut dapat diadakan secara berkesinambungan.

"Semoga bisa diadakan terus ya, supaya keluarga pasien yang sedang menunggu dapat sambil memberikan bermanfaat buat orang lain dengan mendonorkan darahnya," harapnya.

Selain kegiatan donor darah, dalam rangka memeriahkan HUT RI, RSUD Kota Tangerang juga mengadakan lomba tumpeng, senam jantung sehat, dan lomba mars RSUD Kota Tangerang.(ADVERTORIAL)

Maya Aulia A

Perempuan supel kelahiran Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang ini memiliki talenta mengajar sesuai bidang kuliahnya di Universitas Negeri Jakarta. Bergabung di Banten Hits adalah karir perdananya di bidang jurnalistik.