id

Sagoo Kitchen, Memanjakan Selera dan Merekonstruksi Masa Silam

By  Mar 31, 2014 | 12:19
Nasi goreng kampung khas Sagoo Kitchen. (Banten Hits / Darussalam Jagad Syahdana)

Seorang kawan Minggu lalu menelepon, mengajak kongkow, bersantai sambil membicarakan hal yang cukup penting dan cukup menguras energi untuk berpikir.

Entah karena lidahnya yang Jawa, atau pertimbangan lain, kawan tadi memilih "Sagoo Kitchen" di area Downtown, Sumareccon Mall Serpong sebagai tempat untuk bertukar pikiran dan pengalaman.

Begitu masuk, interior Sagoo Kitchen seolah "bercerita" banyak hal. Berbagai peralatan makan dan minum peninggalan puluhan tahun silam, tampak dipajang di dinding restoran. Yang paling menyolok, foto-foto tua yang disertai keterangan bercerita ihwal penemu resep di restoran itu, juga soal pemilik restoran.

Foto-foto tua itu antara lain Makco Djok Korie. Di bawah foto ada keterangan tahun 1904 - 1970. Lalu ada juga penjelasannya dengan ejaan lama, "Makco Djok Korie suka boeat nasi goreng ebi (nasi goreng tempo doeloe) boeat sarapan pagi. Rasanja sedeeeep...!"

Menurut salah seorang pelayan di resto ini, Makco Djok Korie adalah penemu resep nasi goreng tempo dulu. Dalam daftar resep di restoran ini, menu tersebut ditandai bintang yang artinya adalah menu andalan.

Ketika kami memesan nasi goreng tempo dulu yang dimaksud, pelayan menghidangkannya dalam piring besar. Nasi goreng itu dibentuk menyerupai kerucut. Di sekelilingnya dihiasi irisan telor yang dibentuk spiral. Lalu di atas telor diberi ebi goreng yang dilapisi kulit lumpia.

Warna nasi yang khas buatan kampung, langsung mengingatkan kami pada masa kecil dulu. Sekilas, selain bentuk penyajiannya yang beda, tak ada lagi yang istimewa dari nasi goreng ini. Namun, begitu suapan pertama masuk ke mulut.. Hmmmmm... Kelezatan bumbu masaknya langsung meruap memenuhi rongga mulut.. Nasi goreng ini benar-benar sedaaapppp....

Nah, jika Anda ingin menjelajahi kejayaan resep buatan masa silam, Anda bisa menyempatkan untuk berkunjung ke sini. Menu yang disajikan dan desain ruangan seolah "bersekutu" untuk membuat ingatan kita melayang ke masa kecil dulu.

Selain nasi goreng tempo dulu, menu andalan lainnya di restoran ini adalah nasi goreng sagoo. Sama seperti nasi goreng tempo dulu, nasi goreng ini diberi tanda bintang juga. Dan rasanya dijamin sama sedapnya.

Menyempatkan untuk menikmati menu di Sagoo Kitchen butuh waktu sedikit lebih lama. Karena suasana di tempat ini membuat kita betah untuk berlama-lama. Jadi tempat ini direkomendasikan banget buat Anda yang bersantai atau membicarakan soal pekerjaan... Selamat mencoba!

Darussalam J. S

Memulai karir jurnalistik pada tahun 2003 di harian Fajar Banten (sekarang Kabar Banten, grup Pikiran Rakyat). Pernah bekerja di Global TV selama 2005-2013 dan di Info TV selama setahun. Darussalam juga pernah menerbitkan buku jurnalistik berjudul, "Korupsi Kebebasan, Kebebasan Terkorupsi". Kemudian dia mendirikan situs berita Banten Hits, 11 Februari 2013.