Sagoo Kitchen, Memanjakan Selera dan Merekonstruksi Masa Silam

Date:

Seorang kawan Minggu lalu menelepon, mengajak kongkow, bersantai sambil membicarakan hal yang cukup penting dan cukup menguras energi untuk berpikir.

Entah karena lidahnya yang Jawa, atau pertimbangan lain, kawan tadi memilih “Sagoo Kitchen” di area Downtown, Sumareccon Mall Serpong sebagai tempat untuk bertukar pikiran dan pengalaman.

Begitu masuk, interior Sagoo Kitchen seolah “bercerita” banyak hal. Berbagai peralatan makan dan minum peninggalan puluhan tahun silam, tampak dipajang di dinding restoran. Yang paling menyolok, foto-foto tua yang disertai keterangan bercerita ihwal penemu resep di restoran itu, juga soal pemilik restoran.

Foto-foto tua itu antara lain Makco Djok Korie. Di bawah foto ada keterangan tahun 1904 – 1970. Lalu ada juga penjelasannya dengan ejaan lama, “Makco Djok Korie suka boeat nasi goreng ebi (nasi goreng tempo doeloe) boeat sarapan pagi. Rasanja sedeeeep…!”

Menurut salah seorang pelayan di resto ini, Makco Djok Korie adalah penemu resep nasi goreng tempo dulu. Dalam daftar resep di restoran ini, menu tersebut ditandai bintang yang artinya adalah menu andalan.

Ketika kami memesan nasi goreng tempo dulu yang dimaksud, pelayan menghidangkannya dalam piring besar. Nasi goreng itu dibentuk menyerupai kerucut. Di sekelilingnya dihiasi irisan telor yang dibentuk spiral. Lalu di atas telor diberi ebi goreng yang dilapisi kulit lumpia.

Warna nasi yang khas buatan kampung, langsung mengingatkan kami pada masa kecil dulu. Sekilas, selain bentuk penyajiannya yang beda, tak ada lagi yang istimewa dari nasi goreng ini. Namun, begitu suapan pertama masuk ke mulut.. Hmmmmm… Kelezatan bumbu masaknya langsung meruap memenuhi rongga mulut.. Nasi goreng ini benar-benar sedaaapppp….

Nah, jika Anda ingin menjelajahi kejayaan resep buatan masa silam, Anda bisa menyempatkan untuk berkunjung ke sini. Menu yang disajikan dan desain ruangan seolah “bersekutu” untuk membuat ingatan kita melayang ke masa kecil dulu.

Selain nasi goreng tempo dulu, menu andalan lainnya di restoran ini adalah nasi goreng sagoo. Sama seperti nasi goreng tempo dulu, nasi goreng ini diberi tanda bintang juga. Dan rasanya dijamin sama sedapnya.

Menyempatkan untuk menikmati menu di Sagoo Kitchen butuh waktu sedikit lebih lama. Karena suasana di tempat ini membuat kita betah untuk berlama-lama. Jadi tempat ini direkomendasikan banget buat Anda yang bersantai atau membicarakan soal pekerjaan… Selamat mencoba!

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kehadiran Abaa Bakery Membuat Oleh-oleh Khas Kota Tangerang Lebih Warna-warni

Berita Tangerang - Bagi Anda penggemar makanan khas Tangerang,...

Mengenal Es Kembang Telang; Produk UMKM yang Kini Populer Jadi satu-satunya di Tangerang

Berita Tangerang - Es kembang telang mendadak ramai jadi...

Mencecap Kopi sambil Menikmati Suasana Khas Jawa di Kedai Kopi Taraka

Berita Tangerang - Suasana khas Jawa sangat kental terasa...

Buruan Merapat! Waroeng Steak and Shakes Buka Cabang di Jalan Ir. H. Juanda Ciputat, Persis Depan UIN

Berita Tangsel - Pionir restoran steak dengan harga terjangkau,...