id

Ketika Mi Bakso Lebur dalam Batok Kelapa Muda, Hmmm.....lezatnya

By  Jun 10, 2016 | 16:08
Bakso kelapa muda buatan Rumah Makan DM.(Banten Hits/ Maya Aulia Apriliani)

 

Di rumah makan DM, mi bakso telah bermetamorfosis dalam bentuk yang revolusioner. Tak ada mangkuk. Racikan bakso dibiarkan melebur di dalam batok kelapa muda. Air kelapa yang dipercaya kaya ion, bercampur dengan bumbu bakso yang "panas" menggoda. Hasilnya.... hmmmm lezat banget.

Mi bakso dalam batok kelapa yang disediakan Rumah Makan DM bukan sembarang mi bakso. Bukan pula hanya soal sensasi makan unik, melainkan upaya total untuk memanjakan selera makan, terutama bagi pehobi mi bakso. 

"Aku suka minum kelapa muda. Aku juga suka makan bakso," kata Darwati Marina (42), pemilik Rumah Makan DM menceritakan ikhwal ide pembuatan bakso kelapa mudanya.

Saksikan Video kelezatan mi Bakso Kelapa Muda, Klik.

Saat ditemui tim liputan Banten Hits dan BITV, Rabu (8/6/2016), Darwati Marina menjelaskan tahapan pembuatan mi bakso kelapa muda di Rumah Makan DM. Pertama-tama, menurutnya, air kelapa muda pilihan direbus bersama dengan kuah kaldu dan rempah-rempah rahasia yang pastinya membuat lidah Anda tak berhenti bergoyang. 

Anda juga bisa memilih tiga jenis bakso yang disediakan di sini, yakni bakso urat, bakso halus, dan bakso ikan buatan sendiri. Bakso-bakso ini diracik bersama mi udon, bihun, mi tiaw, mi kuning, dan berbagai sayuran seperti toge dan sawi.

Darwati Marina tak ujug-ujug menemukan panganan ini. Pada awalnya, dia dan keluarganya yang doyan makan, membuat warung makan prasmanan. Namun usaha itu kandas karena sepi peminat.

"Awalnya keluarga kita hobi makan, jadi kita buat rumah makan prasmanan. Tapi kurang sukses, sehari cuma laku dua piring, jadi kebuang makanan setiap hari," ujarnya.

Mencoba move on dari keterpurukan, Darwati melakukan eksperimen untuk menciptakan kuliner menarik. Karena dia suka makan bakso dan minum kelapa muda, wanita asli Pontianak ini mencoba memadukan dua makanan kesukaanya, hingga lahirlah bakso kelapa muda.

"Akhirnya kita mikir buat makanan yang unik, karena saya suka makan bakso sama kelapa muda jadinya kepikiran buat mengombinasikannya. Pas dicoba ternyata enak. Kita coba jual ternyata banyak yang minat," ungkapnya.

Darwati menjelaskan, seluruh bahan mi bakso kelapa muda buatannya, tak ada yang menggunakan pengawet. Karena keaslian bahan-bahannya ini, mi bakso Rumah Makan DM menjadi favorit di seantero Tangerang. Tak hanya itu, mi bakso bakso kelapa muda buatannya ini, bahkan pernah dipesan ke luar negeri.

"Bakso kita non-MSG (monosodium glutamate) punya, tanpa bahan pengawet apapun. Kaldu kita buat sendiri, baksonya juga," bebernya.

Untuk mendapatkan satu porsi mi bakso kelapa muda ini, Anda cukup merogoh Rp 35.000-38.000 dari kantong Anda. Dengan nilai uang itu, Anda akan merasakan kelezatan makan mi bakso yang tiada tara.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan mi bakso kelapa muda ini, Anda bisa datang langsung ke Rumah Makan DM, di Ruko Pasar 8, Blok RH-2, Jalan Alam Sutera Boulevard, Serpong, Tangerang Selatan.(Rus)

Maya Aulia A

Perempuan supel kelahiran Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang ini memiliki talenta mengajar sesuai bidang kuliahnya di Universitas Negeri Jakarta. Bergabung di Banten Hits adalah karir perdananya di bidang jurnalistik.