id

Pantau Lalin saat Mudik, Masyarakat Bisa Akses CCTV Lewat 'Banten Bersatu'

By  Jun 18, 2017 | 12:31
Pemudik bisa memantau kondisi lalu lintas dari aplikasi Banten Bersatu yang terhubung dengan CCTV yang tersebar di sejumlah titik.

Serang - Masyarakat yang akan mudik bisa memantau langsung kondisi lalu lintas melalui CCTV yang bisa diakses dari aplikasi Banten Bersatu. Aplikasi ini bisa masyarakat dapat dengan mengunduhnya di Play Store. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa mengetahui titik-titik macet menggunakan smartphone.

 

"Aplikasi ini akan membantu pemudik mendapatkan informasi-informasi tentang kondisi lalu lintas dan titik-titik mana saja yang mengalami kemacetan saat arus mudik Lebaran dari 27 CCTV yang terpasang," kata Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Sabtu (17/6/2017).

Ratusan pos pelayanan kata Listyo juga disiapkan untuk melayani pemudik saat arus mudik dan arus balik Lebaran. Selain bisa dimanfaatkan masyarakat untuk beristirahat, pemudik juga bisa mengecek kondisi kesehatan dan mengecek kondisi kendaraan di bengkel yang disediakan.

"Masyarakat yang merasa lelah karena berkendara silahkan beristirahat. Ada tim medis yang juga siap mengecek kondisi kesehatan pemudik," ujarnya.

Untuk mengantisipasi pemudik yang kehabisan bahan bakar dan jauh dari SPBU, pihaknya menyiapkan BBM keliling serta membagikan leaflet yang berisi nomor-nomor penting jika sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan bantuan.

Untuk mengunduh aplikasi Banten Bersatu, masyarakat terlebih dahulu melakukan registrasi dengan mengisi nama lengkap, nomor KTP/SIM, alamat, nomor telepon, email dan password.

Namun, saat mengakses Live CCTV di aplikasi tersebut, Banten Hits hanya mendapati pantauan dari 15 CCTV. Diantanya, kondisi lalu lintas di Serang Barat, Simpang Parung, S. Gerem, Cilegon Timur, Simpang Ramayana, Chanel 6, Simpang Kebon Jahe, Simpang SPIJ, Simpang Palima, Kragilan, Kramatwatu, Dermaga I ASDP, Dermaga III ASDP, Dermaga IV ASDP, dan Dermaga V ASDP.(Nda)