Perputaran Uang di Pameran HUT Koperasi Lebak Mencapai Rp 3,8 M

Date:

 

Banten Hits – Transaksi penjualan berbagai produk usaha kecil menengah (UKM) serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diperdagangkan di pameran hari ulang tahun Koperasi tingkat Kabupaten Lebak yang ke-69 menembus angka Rp 3,8 miliar. 

Angka tersebut diperolah para pelaku UKM setelah sepekan mengikuti pameran yang digelar di tempat wisata Balong Ranca Lentah, yang berlangsung dari tanggal 1-8 Oktober 2016.

Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Lebak Babay Imroni mengatakan, rincian perputaran uang di pameran tersebut merupakan hasil dari pada pelaku UKM dan UMKM asal Kabupaten Lebak yang berkisar Rp 640 juta. Serta para pelaku UKM dan UMKM yang berasal dari daerah lainnya di Banten yang mengikuti pameran dengan raihan total transaksi senilai Rp 3,2 miliar.

“Dari Rp 3,8 miliar tersebut rinciannya adalah Rp 640 juta dari pelaku UKM dan UMKM asal Kabupaten Lebak. Sedangkan Rp 3,2 Milyar berasal dari pelaku UKM dan UMKM daerah tetangga semisal Pandeglang, Serang dan Tangerang yang ikut berpartisipasi mengikuti pameran dalam rangka HUT Koperasi ke 69 tingkat Kabupaten Lebak,” kata Babay saat dikonfirmasi wartawan seusai menghadiri penutupan acara pameran, Sabtu (8/10/2016) malam.

Menurut Babay, nilai perputaran uang di pameran HUT Koperasi tersebut mencerminkan tingginya animo para pelaku UKM dan UMKM serta antusias masyarakat Lebak terhadap hasil ataupun produk produk dari tangan tangan para pelaku UKM asal Banten terutama Kabupaten  Lebak. 

Dengan begitu, kini para pelaku UKM tidak usaha khawatir untuk lebih menekuni bidangnya lagi, mengingat masyarakat kini menaruh respon yang positif terhadap produk para pengusaha UKM.

Tinginya minat masyarakat Lebak terhadap produk UKM dan UMKM  juga tercermin dari membludaknya jumlah pengunjung yang mendatangi pameran. Karena berdasarkan data, hampir setiap hari pengunjung yang datang berkisar antara 3.000-4.000 orang.

“Jumlah pengunjung yang mendatangi pameran juga sangat banyak, setiap harinya bisa mencapai tiga sampai empat ribu orang. Sampai malam penutupan, kami mengestimasikan pengunjung yang datang dari hari pertama sampai terakhir sekitar sembilan belas ribu orang,” ucap Babay lagi. 

Ketua Koperasi Putra Lebak Aden Sunandar mengaku senang dengan capaian yang diraih para pelaku UKM dan UMKM pada  saat pameran HUT Koperasi tingkat Kabupaten Lebak yang ke-69 ini. 

Menurutnya, raihan  transaksi penjualan maupun jumlah pengunjung merupakan salah satu bukti jika usaha di bidang UKM dan UMKM masih menjadi primadona bagi masyarakat Lebak. Ke depan Aden berharap agar para pelaku UKM dan UMKM dapat meningkatkan lagi produktivitasnya.

“Saya rasa berhasil penyelenggaraanya mulai dari kualitas sampai dengan kuantitas para pelaku UKM dan para pengunjungnya,” katanya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...