id

Sidak RPH Karawaci Tangerang, KPPU Pastikan Stok Daging Sapi Aman Hingga H-2

By  Jun 19, 2017 | 00:59
Satgas Pangan Polri bersama KPPU saat sidak di RPH Karawaci,Tangerang.(Banten Hits/Ahmad Ramdzy)

Tangerang - Untuk memastikan pasokan daging sapi, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama Satgas Pangan Mabes Polri melakukan sidak di Rumah Potong Hewan (RPH) Karawaci, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang, Minggu (18/6/2017) malam.

 

Turut serta dalam sidak kali ini ialah Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Ketua Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Widayanti, dan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Oke Nurman, dan didampingi dengan Pemilik RPH Karawaci Karnadi Winaga. 

Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, bahwa ada peningkatan permintaan daging dari hari biasanya. Namun, ia memastikan untuk stok daging sapi akan aman hingga H-2 Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Itu yang ingin kami pastikan dengan sidak sebentar ke RPH dengan melihat apakah pasokan sapi siap potong dari feedloter ke RPH itu masih stabil, stok untuk sapi siap potong maupun daging ini cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen mulai sekarang hingga h-2 Lebaran," ungkapnya.

Ia memastikan bulan puasa tahun ini harga daging lebih stabil ketimbang tahun-tahun sebelumnya terlebih tahun 2015 yang menyentuh angka Rp 140.000-Rp 170.000 per kilogram.

"Saya kira ini poin penting sehingga tidak ada alasan di konsumen terjadi kenaikan harga daging. Dan memang untuk tahun ini harga daging kita paling bagus," kata Syarkawi.

Sementara itu, Ketua Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto meminta, agar masyarakat tidak salah dalam mengartikan harga daging. Pasalnya, setiap jenis daging memiliki harga beragam. 

"Harga daging itu bermacam-macam ada yang harga terbaik, ada yang masih ada tulangnya, macam-macam. Jadi jangan sampai keliru memahami," tandasnya.(Zie)

Ahmad Ramdzy

Memulai karir jurnalistik di situs berita Banten Hits. Dia pernah menjadi pelatih futsal di sejumlah sekolah menenangah atas di Tangerang. Dia memiliki minat mengajar sesuai bidang studi semasa kuliah dulu.