id

Daging Kerbau Cisimeut Lebak Siap Penuhi Kebutuhan Lebaran

By  Jun 19, 2017 | 15:12
Ilustrasi. (net)

Lebak - Mendekati hari raya Idul Fitri, permintaan daging kerbau mulai meningkat. Masyarakat pun semakin selektif memilih daging berkualitas baik untuk dikonsumsi saat Lebaran.

 

Desa Cisimeut, di Kecamatan Leuwidamar merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Lebak yang menjadi sentra penghasil ternak kerbau. Daging kerbau yang dihasilkan diakui mempunyai kualitas baik.

"Kami siap menyediakan daging kerbau berkualitas yang baik dikonsumi masyarakat pada hari raya," ujar Kepala Desa Cisimeut Raya, Ohan Bahari, Senin (19/7/2017).

Daging yang dihasilkan kata Ohan manis dan empuk lantaran pemberian pakan yang masih dilakukan secara alami di alam terbuka. Saat ini saja kata dia, permintaan juga banyak dari luar daerah, semisal dari Bogor dan Tangerang.

"Kita hanya melayani pembeli yang datang langsung ke sini," ujarnya.

Meski tidak ada pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak tersebut, Ohan memastikan kondisi kerbau dalam keadaan sehat.

"Harga tentu tergantung beratnya, mulai dari Rp10 juta sampai Rp20 juta," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Peternakan Lebak, Roesmantoro mengatakan, meski terbatas personel. Pemeriksaan terhadap kerbau yang dijual sudah dilakukan.

"Wilayah IV meliputi Cimarga, Bojongmanik, Leuwidamar, Gunungkencana dan Cirinten," imbuhnya.(Nda)