Pasar Modern BSD City Jadi Percontohan Pasar di Indonesia

Date:

Tangerang – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjadikan Pasar Modern BSD City, Tangerang Selatan, sebagai percontohan pasar rakyat di Indonesia. Setidaknya, pemerintah akan membangun 5.000 pasar tradisional bercita rasa modern.

Menurut CSR Officer Sinar Mas Land, Rahadian Anandianto, Pasar Modern Bumi Serpong Damai (BSD) City menjadi acuan Kemendag dalam pengembangan pasar tradisional di Indonesia. Prototipe tersebut menjadi acuan pembangunan maupun revitalisasi pasar rakyat yang didanai  pemerintah.

Pembangunan dan revitalisasi pasar harus mengikuti standardisasi yang telah disiapkan pemerintah, sehingga mudah untuk diawasi. Pihaknya pun keliling Indonesia khususnya ke Bali beberapa waktu lalu, untuk memenuhi kegiatan penyuluhan yang diikuti sekitar 50 peserta dari seluruh pengelola pasar di Provinsi Bali.

“Jadi saat itu kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola pasar, serta mendorong pasar rakyat bisa lebih nyaman,” kata Rahadian, Jumat (6/10/2017).

Lanjutnya, program tersebut juga dibentuk sebagai dukungan untuk program pemerintah yang akan merevitalisasi dan membangun 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia hingga tahun 2019 mendatang. Sehingga kedepannya, mayoritas pasar tradisional akan senyaman pasar modern.

Sementara, Kepala Pengelola Pasar Modern BSD City, Muhammad Bakri mengatakan, sejak diluncurkannya hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

“Tapi tetap, ciri khas pasar tradisional seperti tawar-menawar tetap ada, meski pasar sudah berkonsep modern,” kata Bakri.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...