Komoditas Pertanian Baduy Akan Dijadikan Agrowisata

Date:

Banten Hits – Dinas Pertanian Kabupaten Lebak akan mengembangkan komoditas pertanian Baduy dijadikan agrowisata, sehingga pengunjung yang mendatangi kawasan tersebut dapat menikmati produk pertanian tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Dede Supriatna mengatakan, pemerintah daerah memfokuskan program produk pertanian, jadi Baduy ke depannya akan menjadikan agrowisata sehingga dapat mendongkrak kunjungan dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Kami optimistis kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara akan tertarik untuk mendatangi kawasan Baduy dengan melimpahnya produk pertanian itu,” kata Dede Supriatna, Selasa (17/5/2016).

Menurut Dede, kehidupan masyarakat Baduy ditentukan dari hasil bercocok tanam pada pertanian ladang, seperti padi huma, durian, pisang, petai, dan lainnya. Hasil produk pertanian itu menjadikan andalan ekonomi masyarakat Baduy guna mendukung kesejahteraan. Para pengunjung setelah mendatangi kawasan Baduy akan kembali ke daerah asalnya dengan membawa oleh-oleh hasil produk pertanian.

“Produk pertanian yang akan dikembangkan antara lain pisang, durian, dukuh, pepaya california, talas, salak, rambutan, manggis, jagung, dan sayur-sayuran. Selain itu juga pengembangan produk kerajinan Baduy adalah kain tenun, lomar, batik Baduy, tas koja, gula aren, dan souvenir. Kelebihan pertanian Baduy itu organik tanpa menggunakan pupuk kimia sehingga hasil produknya cukup bagus.Para petani Baduy sejak dulu hingga kini menggunakan pupuk dari pembakaran sampah sehingga tingkat kesuburan tanah cukup bagus,” ungkapnya.

Namun, Dede mengimbau agar petani Baduy meningkatkan kualitas produk komoditi pertanian. Tujuan agrowisata itu tentu harus didukung hasil produk pertanian yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata.

“Hasil komoditas produk pertanian Baduy cukup terkenal salah satunya durian, karena memiliki kualitas bagus. Keunggulan durian Baduy biji dan kulit tipis namun buahnya tebal, beraroma dan manis.Apabila musim panen dipastikan durian Baduy membanjiri Pasar Rangkasbitung dan dipasok ke Jakarta,” pungkasnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...