id

Kurangi Buta Aksara, BPAD Banten Gelar Pameran Buku

By  Mei 17, 2016 | 18:54
Sekda Banten Ranta Soeharta.(Banten Hits/ Mahyadi)

Banten Hits - Untuk menarik minat baca dan mengurangi buta aksara, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Banten menggelar pameran buku di Kantor BPAD Banten, kawasan Pukupatan, Kota Serang, Selasa (17/5/2016). Acara dibuka Sekda Provinsi Banten Ranta Suharta.

“Saat ini perpustakaan bukan lagi tempat yang membosankan. Senada dengan fungsi perpustakaan itu sendiri, sebagai fungsi edukasi, informasi dan rekreasi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan agar minat budaya baca semakin meningkat,” kata Kepala BPAD Banten Andi Fatmawati.

Menurut Andi, ini merupakan event perdana di BPAD Banten. Dengan adanya pameran buku murah ini, masyarakat dapat memilih buku-buku variatif yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau.

“Buku-buku yang disediakan mulai dari buku-buku anak, remaja, umum, penunjang pendidikan dan perkuliahan,” tegasnya.

Andi melanjutkan, pameran buku yang mengambil tema ‘Banten Book Fair sebagai Sarana Edukasi, Informasi dan Rekreasi menuju Banten Gemar Membaca’ juga sebagai salah satu cara mengejawantahkan program Menteri Pendidikan Anies Baswedan yang berharap masyarakat Indonesia dapat membaca minimal 15 menit setiap hari.

"Acara akan berlangsung selama satu minggu dimulai dari hari ini (Selasa, 17/5/2016) sampai tanggal 23 Mei," ujarnya.

Pameran buku tersebut melibatkan puluhan percetakan lokal, maupun nasional seperti Mizan, Gramedia, Republika, Kelompok Agromedia, Erlangga. Dari penerbit lokal ada Rumah Dunia, Bantenologi, Senpo, Banten Heritage dan banyak lagi. 

“Kami menyediakan 38 stand tapi yang mengikuti hari ini hanya 35 Stand tentunya ini capaian yang memuaskan," paparnya.

Sekda Banten Ranta Suharta yang mewakili Gubernur Banten berharap, acara ini mampu menjadi magnet untuk mendatangan pelajar-pelajar di Banten. 

"Kita harapkan di mana pameran buku ini diharapkan para pelajar di Banten bisa membaca gratis dan juga bisa membelinya dan mendapatkan diskon yang besar," ujarnya.

Tak hanya pameran buku, Book Fair 2016 ini juga dimeriahkan berbagai lomba yang diikuti anak-anak sekolah, mulai TK hingga SLTP. (Rus)