RSUD Kabupaten Tangerang Menuju Akreditasi Paripurna

Date:

 

Banten Hits – Satu tahap lagi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang akan memiliki akreditasi paripurna menyusul survei yang kini tengah dilakukan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sejak Selasa-Jumat (26-29/7/2016). Pembukaan survei akreditasi berlangsung di RSUD Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Naniek Isnaeni optimistis RSUD Kabupaten Tangerang mendapatkan nilai dan akreditasi terbaik sesuai dengan akreditasi versi 2012 yaitu nilai yang paripurna. Beberapa indikator mutlak saat ini telah dipenuhi RSUD Kabupaten Tangerang, seperti daerah sanitasi hingga manajemen.

“Standar akreditasi RS versi Kars 2012 ini juga mirip dengan standar akreditasi internasional (JCI). Dalam standar akreditasi baru ini terdapat empat kelompok standar yang terdiri dari 1.048 (Seribu Empat Puluh Delapan) elemen yang akan dinilai, antara lain kelompok standar pelayanan berfokus pada pasien, kelompok standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien rumah sakit dan sasaran Millenium Development Goals,” jelas Naniek.

Naniek menambahkan, dalam pelaksanaan akreditasi rumah sakit menggunakan standar akreditasi versi 2012 ini, surveyor akan menemui pasien untuk mencari bukti adanya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit yang berfokus pada keselamatan pasien.

“Saya dapat menarik kesimpulan sementara dan berharap apabila RSU Kabupaten Tangerang lulus pada proses akreditasi versi 2012 ini berarti akan terwujud rumah sakit yang mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa rumah sakit tersebut menitik beratkan sasarannya pada keselamatan pasien dan kualitas perawatan yang diberikan,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kabupaten Tangerang Desiriana Dinardiyanti menjelaskan, nilai paripurna ini meliputi standar madya ditambah standar PPI, TKP, dan MFK mendapatkan nilai minimal 80. 

“Bila nilai minimal ini dapat terpenuhi semua maka Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang akan menjadi salah satu rumah sakit yang sangat layak dan sangat dianjurkan untuk dilakukannya perawatan bagi pasien-pasien yang sakit,” ungkap Desiriana.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related