id

Antisipasi Pengemis dan Anjal Dadakan saat Ramadan, Satpol PP Tangerang Terus Lakukan Razia

By  Mei 31, 2017 | 21:10
Kabid Ketertiban Umum Satpol PP Kota Tangerang, A. Gufron Falfeli (kiri baju putih) saat mengamankan anjal dan pengemis.(Banten Hits/Maya Aulia)

Tangerang - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang merazia sejumlah titik lampu merah di Kecamatan Batuceper dan Tangerang, Rabu (31/5/2017). Razia ini menitikberatkan pada anak jalanan (Anjal) dan pengemis dadakan selama bulan Ramadan yang biasa beroperasi di titik tersebut.

 

"Kita memang sengaja melakukan giat untuk menegakkan Perda 5 Tahun 2012 tentang pembinaan anak jalanan," ujar Kabid Ketertiban Umum Satpol PP Kota Tangerang, A. Gufron Falfeli.

Ia menegaskan, giat ini sekaligus sebagai antisipasi anak jalanan dan pengemis dadakan yang marak datang saat bulan Ramadan tiba. Mereka biasa memanfaatkan momen ini untuk mencari penghasilan.

"Saat ini kan sedang bulan Ramadan, biasanya anjal dan pengemis dadakan dari luar Kota itu datang untuk memanfaatkan momen ibadah umat islam," kata Gufron.

Ia mengungkapkan, mengemis bukan lagi dilakukan orang yang membutuhkan, melainkan dijadikan profesi tetap. Untuk itu, pihaknya terus bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Tangerang untuk pembinaan anak jalanan dan pengemis.

"Saat ini kan pengemis itu memang memanfaatkannya untuk mencari penghasilan, bukan lagi karena dia kesulitan uang. Makanya setelah kita amankan dari jalan, langsung kita serahkan ke dinsos untuk dibina dengan keterampilan lain," ungkapnya.

Ia berharap, dengan terus dilakukannya giat tersebut keberadaan anak jalanan dan pengemis dapat terus berkurang di Kota Tangerang.(Zie)

Maya Aulia A

Perempuan supel kelahiran Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang ini memiliki talenta mengajar sesuai bidang kuliahnya di Universitas Negeri Jakarta. Bergabung di Banten Hits adalah karir perdananya di bidang jurnalistik.

Ayoo Berlangganan Berita Kami