Polres Serang Pasang Imbauan di 8 Perlintasan Kereta Api Tak Berpalang

Date:

Serang – Untuk mencegah kecelakaan di perlintasan kereta api tak berpalang pintu, Satlantas Polres Serang memasang spanduk berisi imbauan agar pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintas.

Spanduk bertuliskan ‘Hati-hati! Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu Rawan Kecelakaan’ ini dipasang 50 meter dari perlintasan.

Kapolres Serang AKBP Wibowo mengatakan, ada 9 titik perlintasan kereta api di wilayah Serang. Delapan diantaranya, tanpa dilengkapi palang pintu.

“Kami berharap ada perhatian dari instansi terkait agar segera memasang palang pintu di 8 perlintasan itu,” ujar Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/6/2017).

Petugas perlintasan kereta api Agus Setiawan mengatakan, PT KAI melarang perlintasan dilewati kendaraan. Pasalnya, di dalam peta KAI, perlintasan hanya boleh dilalui oleh pejalan kaki.

“Sedangkan untuk perlintasan yang dapat dilalui oleh kendaraan, seharusnya dibuat under pass atau membuat fly over, agar tidak bersinggungan langsung dengan jalur kereta api,” terang Agus.

Menurutnya, banyaknya jalur kereta api yang dilintasi kendaraan diakibatkan perkembangan pembangunan yang tidak dapat dihindari.

“Pemda yang bertanggung jawab untuk membuat fasilitas di perlintasan, seperti palang pintu, dan juga harus menyediakan petugas penjaga. PT KAI hanya melakukan pemeliharaan terhadap perlintasan rel kereta,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...