id

BPBD Lebak Imbau Warga Waspadai Kebakaran Akibat Korsleting Listrik

By  Jun 16, 2017 | 20:09
Ilustrasi. Kebakaran (viva)

Lebak - Korsleting listrik menjadi salah satu pemicu penyebab terjadinya kebakaran. Masyarakat diminta teliti dan berhato-hati terhadap peralatan listrik yang memang rentan menimbulkan hubungan arus pendek.

 

“Akhir-akhir ini banyak kebakaran akibat korsleting listrik. Kami berharap, masyarakat bisa mewaspadai dan rajin memperhatikan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak, Madlias, Jumat (16/6/2017).

Madlias juga mengimbau warga agar senantiasa rutin memeriksa kabel dan jaringan listrik di rumahnya. Segera mengganti jika menemukan kabel yang rusak maupun terkelupas guna menghindari kebakaran, terutama saat bulan ramadan dan Idul Fitri.

"Gunakan alat-alat listrik yang memang sesuai standart dan akan lebih baik meminta bantuan kepada ahlinya saat memperbaiki instalasi listrik," pesan Madlias.

Kebakaran diduga akibat korsleting listrik baru-baru ini terjadi di Kampung Cireret, Desa Cikate, Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Tiga rumah warga semi permanen, Kamis (15/6) sore ludes dilahap api. Rumah tersebut milik Saepudin (29), Anta (50) dan Usin. Informasi yang diperoleh, api pertama kali berasal dari rumah Saepudin yang saat itu tengah ditinggal pergi pemiliknya.

Warga yang kehilangan tempat tinggal kini sementara mengungsi di rumah kerabat. Bantuan berupa logistik sudah disalurkan oleh BPBD setempat.(Nda)

Ayoo Berlangganan Berita Kami