Satpol PP Tangsel Dorong Peran Masyarakat Jaga Kamtibmas dengan Siskamswakarsa

Date:

Tangsel – Menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab aparat kepolisian, TNI maupun Satpol PP. Masyarakat juga mempunyai peran untuk menciptakan stabilitas keamanan di lingkungannya.

 

Sistem Keamanan Swakarsa (Siskamswakarsa) merupakan sistem keamanan yang mengajak masyarakat untuk mempunyai tanggung jawab terhadap ketertiban di lingkungannya dengan berdasarkan gotong royong.

“Artinya, Siskamswakarsa ini adalah, bagaimana masyarakat saling bahu membahu mendukung dan menciptakan stabilitas keamanan di lingkungannya sendiri,” kata Kasatpol PP Tangsel, Chaerul Saleh, Kamis (20/7/2017).

Dengan dihidupkannya kembali ronda dan gotong royong dalam keamanan, Chaerul mengharapkan terjalin silaturahmi dan terbangun komunikasi di setiap wilayah.

“Jangan sampai kita kecolongan, ternyata pendatang yang baru adalah pelaku teror atau terlibat narkoba. Kita saling asah asih dan asuh lingkungan untuk menciptakan kedamaian, ketentraman dan ketertiban. Tangsel harus bersih dari masalah-masalah yang berdampak tidak baik,” papar Chaerul.

Satpol PP kan berkoordinasi dan bekerja sama dengan instansi terkait maupun lembaga kemasyarakatan dalam rangka keterpaduan agar upaya pembinaan Siskamswakarsa lebih efektif dan efisien.

“Kami ingin menumbuhkan kesadaran tentang sistem keamanan dan ketertiban masyarakat serta memabangun kesadaran tentang potensi masyarakat yang dapat dijadikan kekuatan nyata dalam pengamanan lingkungannya melalui upaya menangkal, mencegah, dan menanggulangi kejahatan,” jelasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...