id

Dibangun dengan CSR BJB, Proyek Tugu KB Pandeglang Terbengkalai

By  Agu 18, 2017 | 13:45
Foto: Banten Hits/Engkos Kosasih

Pandeglang - Proyek pembangunan tugu bundaran Labuan atau tugu Keluarga Berencana (KB) yang terletak di Desa/Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang disayangkan warga.

Pasalnya, proyek yang didanai Coorporate Social Responsibility (CSR) BJB yang dikerjakan GPM Banten senilai Rp189.500.000 secara swakelola tersebut terbengkalai dan belum jelas nasibnya.

Tidak satupun pekerja yang berada di lokasi proyek. Pengerjaan pondasi tugu yang masih belum rampung. Begitu juga pemasangan paving block serta patung yang belum terpasang di tempatnya.

Hasan salah seorang warga mengatakan, proyek yang mulai dikerjakan pada bulan April 2017 lalu seharusnya sudah selesai.

“Sayang amat, itu anggarannya kan besar hampir dua ratus juta. Tapi hasilnya kayak gitu, teu kaharti (enggak ngerti-red),” katanya.

Sementara itu, Camat Labuan Ubaedillah mengaku kecewa dengan proyek tersebut. Sejak awal pembangunan, ia tidak pernah menandatangani Surat Penyerahan Lapangan (SPL).

“Saya tidak pernah menandatangani SPL, karena biasanya semua pembangunan yang dilakukan di kecamatan, saya pasti terima SPL-nya.

Ia akan meminta kepada pihak pelaksana agar segera menyelesaikan proyek tersebut. Dirinya mengaku pernah meminta penjelasakan kepada Badan Pengelola Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Lingkungan selaku pengelola dana CSR terkait perkembangan pembangunannya.

“Saya sempat tegur, tapi jadi saling menyalahkan. Paling kita sampaikan lagi. Jangan terbengkalai kayak gitu, merusak pemandangan juga," pungkasnya.

Sebelumnya, pengelolaan dana CSR perusahaan di Pandeglang yang dikelola Badan Pengelola Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Lingkungan memang menuai polemik.

BACA JUGA: CSR BJB Tak Jelas, Warga di Pandeglang Desak 'Tawa Sopan' Dibubarkan

Selain dituding tidak dipergunakan dengan tepat sasaran, dana CSR yang dikelola badan CSR Pandeglang juga disinyalir hanya menguntungkan kelompok tertentu yang mempunyai kedekatan dengan pihak tersebut.

Di lain pihak, BJB Cabang Pandeglang juga baru mengetahui bahwa CSR yang diserahkan diperuntukkan untuk pembangunan tugu KB.

BACA JUGA: BJB Baru Tahu Tugu KB di Labuan Pandeglang Dibangun Pakai CSR

"Saya juga baru tahu kalau Tugu KB itu dibangun pakai CSR," kata Officer BJB Cabang Pandeglang Chandra Purnama, Rabu (3/5/2017).(Nda)