Massa dari Lampung dan Jakarta Siap Kepung Suvarna Sutera

Date:

DEMO WARGA TOLAK GEREJA DI SUVARNA SUTERA
Sejumlah kendaraan taktis milik polisi disiagakan di lokasi pembangunan sekolah Santa Laurensia, Suverana Sutera, Alam Sutera.(FOTO: Istimewa)

Tangerang – Aksi penolakan pembangunan sekolah Santa Laurensia di komplek Suvarna Sutera, Alam Sutera, Kecamatan Sindang, Jaya, Kabupaten Tangerang semakin meluas. Tak hanya ditolak warga sekitar, berbagai elemen masyarakat dari Banten, Jakarta, bahkan Lampung menyatakan akan turun aksi ke lokasi.

Menurut Jamidin, warga Sindang Jaya yang juga aktivis Forum Banten Bersatu (FBB), aksi besar-besaran akan digelar di lokasi pembangunan sekolah Santa Laurensia jika Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tidak menepati janji mencabut izin Santa Laurensia.

“Mudah-mudahan komitmen bupati bisa dipertanggungjawabkan. Manakala tidak bisa dipertanggungjawabkan, kami akan aksi besar-besaran. Massa dari Sindang Jaya dan luar akan menggelar aksi. Bukan hanya Sindang Jaya, tapi se-Banten. Bahkan temen-temen dari Lampung, temen-temen dari FUI pusat, FPI juga akan turun. (Massa) akan nyeberang dari Lampung,” kata Jamidin kepada Banten Hits, Jumat (20/10/2017).

Jamidin melanjutkan, warga sekitar mengetahui Santa Laurensia merupakan sekkolah yang diperuntukan untuk non-muslim. Sekolah ini juga disebut-sebut sekolah terbesar di Asia. 

“Warga sekitar masih keberatan, (karena) lingkungan kulturnya masih banyak salafi (pesantren tradisional). Tiba-tiba ada gedung sekolah yang sangat besar, Santa Laurensia itu. Maka dari itu, kita mohon kepada bupati supaya jangan diizinkan adanya sekolah tersebut. Pernyataan bupati (sebelumnya) akan mencabut izin sekolah tersebut,” terang Jamidin.

Ribuan massa se-Tangerang Raya dan Banten, Jumat (20/10/2017) siang rencananya akan menggelar istigasah akbar di lokasi pembangunan sekolah Santa Laurensia, Komplek Suvarna Sutera, Alam Sutera, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang.

Menurut Jamidin, salah seorang aktivis Forum Banten Bersatu, istigasah urung digelar karena warga Sindang Jaya dan massa yang menolak pembangunan sekolah Santa Laurensia memegang komitmen Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang berjanji akan mencabut izin Santa Laurensia.

BACA JUGA: Zaki Janji Cabut Izin Santa Laurensia, Istigasah Akbar Batal Digelar

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar telah memastikan rencana pembangunan gereja di komplek perumahan Suvarna Padi, Alam Sutera, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang adalah hoax.

“Itu hoax, tidak ada pembangungan gereja di sana (Sindang Jaya),” ujar Ahmed Zaki, Rabu (18/11/2017).(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...