Pemangku Adat Banten Tagih Janji Revitalisasi Banten Lama

Date:

 

Serang – Pembukaan Festival Surosowan 2017 yang digelar perdana, resmi dilakukan di Alun-alun Masjid Banten, Kota Serang, Jumat (10/11/2017). Rangkaian kegiatan festival bertajuk “Revitalisasi Keraton Kesultanan Banten” ini telah dilakukan sejak Kamis (9/11/2017) hingga 12 November 2017.

BACA JUGA: Festival Surosowan Resmi Dimulai, Abbas Wase: Kesultanan Tidur Sejak 1908

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah raja dan sultan se-Nusantara dan dari sejumlah negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Philipina. Selain itu, hadir juga Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman, serta Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Ade Rossi Khairunnisa.

Ketua Lembaga Pemangku Adat (LPA) Tubagus Abbas Wase menyebutkan, melalui Festival Surosowan, LPA Banten selaku kearifan lokal ingin membangunkan kembali kultur kebudaayaan Kesultanan Banten.

“1808 sampai sekarang 2017. Bisa dibayangkan, berapa ratus tahun Kesultanan Banten tertidur. Bisa dibayangkan, selama itu pula ghirah Kesultanan Banten juga tertidur,” kata Abbas Wase.

Menurut Tubagus Abbas Wase, kawasan Banten Lama saat ini sudah menjadi ikon Banten. Itu terbukti dengan penggunaan gambar menara Masjid Banten Lama dalam setiap kegiatan.

“Saya tadi berbisik kepada sultan sepuh (Kesultanan Cirebon). Banten ini sudah jadi ikon. Kalau ada yang mencalonkan bupati, mencalonkan wali kota, mencalonkan DPR, pasti di belakangnya ada gambar menara Masjid Agung Banten,” terangnya.

Di hadapan raja dan sultan serta tamu undangan, Tubagus Abbas Wase juga menagih janji sejumlah pejabat yang hadir soal revitalisasi kawasan Banten Lama. Pejabat yang ditagih janji antaranya, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, serta Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman.

“Alhamdulillah Sultan Sepuh, Saat sekarang ini pemerintahan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy konsekuen dan berkomitmen menata di kawasan Keraton Kesultanan Banten ini. Saya ingat obrolaannya wagub, (menyatakan) tiga tahun selesai menata di keraton Kesultanan Banten. Saya mah gampang aja pak wagub, tinggal nagih (janji) doang,” ucap Tubagus Abbas. 

“2015 pernah ngomong di sini ketua DPRD, akan saya selesaikan penataan di keraton Kesultanan Banten. Saya tagih juga komitmen Ketua DPRD Provinsi Banten. Termasuk komitmennya wali kota. saya tagih juga komitmennya wali kota,” tegasnya.(Rus)

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...