Sosok Basufi yang Ngaku ISIS di Istana; Tak Pernah Salat Jamaah dan Sering Bengong

Date:

 

Tangerang – Basufi Tarsiwan (39), warga Kelurahan Margasari, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang diamankan Paspampres setelah berusaha menerobos pintu pos penjagaan Istana Merdeka di Jalan Merdeka Utara Gambir, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017) malam.

BACA JUGA: Mengaku ISIS Pria Asal Karawaci Nekat Terobos Istana Merdeka

Basufi mengaku dirinya merupakan anggota ISI. Bagaimana pendapat tetangga soal pengakuan Basufi ini?

Haja (50), salah seorang tetangga tak percaya Basufi yang dikenal tertutup tersebut merupakan simpatisan ISIS. Hal tersebut lantaran pelaku tidak pernah terlihat ikut dalam kegiatan keagamaan.

“Dia mah kerjaannya bengong aja seharian sambil jagain warung esnya. Setahu saya kan kalau ISIS gitu ya sering baca buku gitu kan, ini mah enggak,” ujar Haja.

Haja mengaku tidak pernah melihat gelagat mencurigakan dari pria yang biasa disapa Iwan ini, lantaran yang bersangkutan biasa menyendiri. Bahkan, Iwan tidak pernah terlihat pergi ke masjid untuk salat berjamaah.

“Enggak ada (sikap) agamis-agamisnya. Kalau pake baju juga kaos lengan pendek sama celana pendek di atas dengkul. Enggak ada (tanda-tanda) ISIS-nya. Salat jamaah aja enggak pernah,” ujarnya.

Haja juga mengaku tidak pernah melihat ada teman Iwan yang datang ke rumah tersebut, itu lantaran Iwan dikenal penyendiri dan tidak pernah bergaul.

“Enggak pernah rame-rame itu rumahnya, kaya ada kegiatan kumpul-kumpul gitu juga enggak ada. Saya enggak pernah lihat dia punya temen,” ujarnya.

Selain Iwan, kata Haja, kakak kandungnya, Riswati pun dikenal bukan warga yang terlihat religius. Sehari-hari Wati hanya memakai celana pendek.

“Kakaknya juga pake bajunya terbuka gitu. Pakai celana pendek. Cuma akhir-akhir ini aja pas ada anaknya Iwan dia pake kerudung karena nganter Keponakannya sekolah,” tandasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...