Mengintip Wakil Bupati Lebak Kembangkan Usaha Kambing Etawa

Date:

Lebak – Di tengah-tengah kesibukannya sebagai Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi memanfaatkan waktu luangnya untuk mengembangkan hobinya beternak kambing etawa di lingkungan tempat tinggalnya di Desa Guradog, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak. Dari sekedar hobi dan untuk konsumsi sendiri akhirnya, Ade berhasil mengembangkan hasil perahan susu kambing etawanya tersebut dijual di pasaran dan sudah mempunyai nama yakni Lefi (Lebak Etawa Farm).

Ternak kambing etawa yang digeluti Politisi Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) ini sudah dilakukan sejak tahun 2013. Dimana, awalnya ia hanya memelihara kambing kacang atau kambing gunung yang biasa diolah untuk sate. Namun, karena kondisi kesehatan yang terus menurun bahkan empedunya diangkat melalui operasi dan dokter menyarankan agar rutin mengkonsumsi susu kambing etawa. Saat itulah Ade mempunyai ide dan tertaik untuk memelihara kambing etawa karena memang hobinya tersebut memelihara kambing. Akhirnya ade mencoba menimba ilmu cara memelihara kambing etawa yang baik dan  bisa menghasilkan susu keberbagai daerah mulai dari Bogor, Bandung, Lampung hingga ke Jawa Tengah.  

“Saya datangani peternak-peternak tersebut untuk mengambil ilmunya, bagaimana cara beternak etawa yang baik hingga perasan susu yang dihasilakan juga berkualitas. Setelah itu baru saya beli tiga ekor kambing etawa indukan untuk dikembangkan,” kata Ade.

Ade menejelaskan, dari tiga indukan etawa yang dibelinya tersebut. Selain dapat menghasilkan susu untuk konsumsi sendiri. Dirinya juga mencoba mengembangbiakannya, yakni dengan cara mengawinkan indukan etawa dengan domba biasa yang akhirnya sampai saat ini bisa menghasilkan lebih dari 60 ekor etawa induk dan lima ekor etawa pejantan.

“Awalnya susu yang dihasilkan untuk konsumsi sendiri, tapi sekarang sudah banyak pemesan mulai dari apotik sampai dengan distributor yang langsung datang ke sini,” terangnya.

Menurutnya, usaha kambing etawa ini sangat profitable, karena banyak manfaat yang bisa diambil, selain susunya yang sangat mahal jika dibandingkan dengan susu sapi. Karena memiliki khasiat tinggi untuk kesehatan, juga karena kambing etawa ini memiliki bentuk yang unik sehingga seringkali dikonteskan dalam event-event tertentu. Selain itu, untuk daging juga bagus karena memiliki tubuh yang besar, dalam memelihara kambing etawa ini memang tidak mudah karena kandangnya harus tetap terjaga dengan bersih dengan pemberian pakan yang teratur.

“Kunci utama dalam pengembangan kambing etawa ini adalah komposisi pemberian pakan yang sesuai. Serta kesehatan lingkungan kandang yang perlu dijaga, karena selain mengancam kepada kesehatan ternak juga kualitas susu juga akan berkurang,” terang Ade.

Untuk pemasaran susu kambing etawa ini menurut Ade sangat mudah, karena di Lebak sendiri permintaan susu kambing etawa  sangat tinggi sehingga peternakan etawa miliknya yang dinamakan Lefi ini tidak bisa memenuhi permintaan pasar yang begitu besar.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Cantik tapi Tetap Syar’i? Mulailah Koleksi Karya-karya Dwi Hapsari Ini!

Berita Tangerang - Bisa terlihat cantik dan syar'i merupakan...

15 Kedai Lokal Siap Unjuk Gigi di Festival Kopi Kabupaten Lebak 14-18 Desember 2022

Berita Lebak - Lebak Ekonomi Kreatif (Leekraf) menggelar festival...

Pakai Trail Kuning, Ini Aksi Eksentrik Sachrudin ‘Nyoride’ bareng Penghobi Motor di Kota Tangerang

Tangerang - Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin berkesempatan turun...

Restoran Dinasty Berganti Nama Star Kitchen Celcius; Tak Ada Alkohol, yang Ada Makan Sepuasnya!

Cilegon - Restoran Dynasty yang berlokasi di Jalan Sultan...