Umat Hindu di Banten Lakukan Upacara Melasti di Pantai Tanjung Pasir

Date:

Tangerang – Ratusan umat Hindu se-Banten melakukan upacara melasti di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu (26/3/2017).

Upacara Melasti sendiri adalah upacara pensucian diri untuk menyambut datangnya hari raya Nyepi yang dilakukan seluruh umat Hindu.

Dalam upacara ini, dihadiri tujuh Banjar yang berasal dari enam pura di Seluruh Banten, diantaranya Serang, Tangerang, Kertajaya, BSD, Ciledug, dan Sodong Tigaraksa. Dimana setiap Banjar diisi 100 hingga 250 Kepala Keluarga.

“Upacara Melasti atau sedekah laut atau Nyadran, ini kita memohon pensucian baik alam semesta maupun diri sendiri, kita mempersembahkan kepada laut berupa persembahan Pakelem,” ujar Irwan Wara, Ketua Panitia.

Upacara Melasti sendiri, memiliki rangkaian dari beberapa upacara peribadatan. seperti datangnya puteri melasti, mulanya pekelem dan tirte, lalu persembahyangan dari pekelem dan tirte.

“Datangnya pemilih dari enam Puteri, melasti, mulanya pekelem ditengah laut dan mulanya tirte dan ada persembahyangan dan masing-masing pekelem dan mulang tirte,” ungkapnya.

Irwan menambahkan, upacara Melasti di Tanjung Pasir sendiri telah diadakan selama dua tahun belakangan, karena Tanjung Pasir tempat yang strategis bagi sebagian besar umat Hindu di Banten.

“Alasannya karena strategis dan dekat dengan sebagian besar umat Hindu di Provinsi Banten khususnya di Tangerang. Tempatnya luas dan indah, sangat cocok untuk dilakukan Melasti. Jadi jika ingin melihat Melasti tidak perlu ke Bali, di Tangerang juga ada dan ideal untuk melaksanakan Melasti,” ujarnya.

Sunarto, selaku pembimbing masyarakat Hindu Provinsi Banten menambahkan, bahwa tindakan manusia saat ini membuat alam menjadi tidak harmonis lagi.

“Melasti adalah tindakan umat Hindu untuk memberikan kesucian kepada alam semesta, karena kita ada keyakinan segara dan gunung kesucian, sekarang kan manusia menciptakan hal-hal disharmonisasi, jadi upacara melasti ini untuk mengharmonisasi dan meningkatkan bumi yang kita sayangi ini agar kembali menjadi suci,” tandasnya.

Untuk diketahui, sedekah bumi juga akan diadakan di Serang, Banten pada Senin (27/3/2017). Nantinya, sebuah gunungan yang berisi hasil bumi akan diarak dan dibagikan kepada masyarakat. Gunungan tersebut dipercaya akan membawa berkah bagi siapa yang mendapatkannya.(Zie)

{mp4remote}http://video.bantenhits.com:1931/media/com_jomwebplayer/UPACARA MELASTI UMAT HINDU.mp4{/mp4remote}

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...