Seni Mural di Tangerang Mulai Dapat Perhatian Pemerintah

Date:

Tangerang – Keindahan seni melukis di dinding di kota Tangerang mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat. Bahkan, proyek menghiasi dinding kota ini dianggap berpotensi memberi dampak baik bagi anak-anak muda yang beresiko terlibat masalah.

Pemerintah Kota Tangerang untuk akan menjadikan seni mural sebagai salah satu edukasi lewat kesenian kepada masyarakat. Salah satunya, di Jalan Berhias, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang sengaja di Kampung Mural yang dibuka langsung Wali Kota Tangerang.

“Kegiatan mural ini melibatkan beberapa pelajar atas dasar mengisi ngabuburit kearah yang lebih positif, yaitu melalui kreatifitas serta kampanye betapa pentingnya pendidikan seni,” ujar Abdi, Seniman mural Kota Tangerang.

Mural yang dibuat sendiri, terdiri dari berbagai macam gambar. Abdi menerangkan, setiap gambar harus melalui proses riset sebelum diaplikasikan menjadi sebuah mural.

“Ada urban modern, pop art, tiga dimensi, dan landscape. Kita kan harus melakukan reset detailnya seperti apa, kalo memang cocok ya kita bisa terapkan visualnya,” terang Abdi.

Menurutnya, kegiatan semacam ini harus terus mendapat dukungan dari pemerintah. Pasalnya, seni merupakan bentuk edukasi yang baik bagi masyarakat luas.

“keren ya, jarang banget kegiatan yang melibatkan pelajar, karena mengajak pelajar dan beberapa orang dinas yang terlibat, ya keren lah,” kata Abdi.

Meski begitu, dirinya mengungkapkan kesenian mural tidak serta merta dapat menghilangkan kebiasaan vandalisme dari orang tidak bertanggung jawab. Namun, dirinya meyakini kesenian mural dapat mengalihkan perbuatan vandalisme tersebut.

“Sebenarnya tidak efektif juga mengurangi vandalisme tapi minimal ada pengaruhnya, kita coba mengarahkan mereka, vandal juga akan menjadi keren kalo terkonsep, akan mengganggu kalo hanya sekedar coretan,” tandasnya.(Zie)

{mp4remote}http://video.bantenhits.com:1931/media/com_jomwebplayer/MURAL FOR EDUCATION KOTA TANGERANG.mp4{/mp4remote}

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...