id

Memandikan Perahu di Perayaan Peh Cun, Menghormati Leluhur dan Dipercaya Membawa Keberuntungan

By  Mei 30, 2017 | 15:31
Prosesi memandikan perahu saat perayaan Peh Cun. (Banten Hits/ Yogi Triandono)

Tangerang - Salah satu ritual yang dilakukan warga Tionghoa saat peringatan Peh Cun adalah memandikan perahu papak merak peninggalan Kapitan Oey Giok Koeun (1900) dan papak hijau (1911).

Ritual memandikan perahu ini merupakan representasi dari rasa penghormatan yang tinggi kepada Qu Yuan atas jasanya membela negara.

Prosesi memandikan perahu dilakukan tepat pukul 12 malam pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Khongcu Lek. Ritual tahunan yang berlangsung sejak tahun 1900an ini sempat terhenti dalam waktu yang cukup lama dan kemudian dilanjutkan kembali.

"Kegiatan ini dimulai sejak 1910 setiap tahun rutin. saat G30sPKI berhenti, 1980an mulai diadakan lagi," ujar Cin Eng panitia acara dan Humas Bon Tek Bio, Tangerang.

Perahu papak merah dan hijau dimandikan menggunakan air kembang. Setiap orang yang datang dipersilakan untuk memandikan perahu dengan cara mengusapnya menggunakan kain merah yang sudah disediakan.

Selain sebagai tradisi penghormatan kepada leluhur, ritual ini juga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi warga yang turut memandikan perahu tersebut.

"Memandikan ini (perahu-red) dipercaya bisa membuat enteng jodoh, murah rezjeki. Termasuk, sebagai wujud alkulturasi budaya, bahwa kegiatan etnis Tionghoa ini juga dilakukan di Indonesia. Ada makna dari ritual ini, yaitu membela negara. Membela negara apa? Ya Indonesia," jelasnya.(Nda)

Yogi Triandono

Pria asal Teluk Naga, Kabupaten Tangerang ini memulai karir jurnalistik di Banten Hits. Dia menekuni dunia jurnalistik sesuai disiplin ilmu yang diperoleh semasa kuliah di Universitas Budi Luhur. Yogi juga memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap dunia seni dan sastra.

Ayoo Berlangganan Berita Kami




Liputan Terkini BITV

Korban Gusuran Tidur di Kuburan

Jumat, 08 Des 2017 11:02 129

Korban Gusuran Tidur di Kuburan

Warga Panunggangan Barat Digusur

Kamis, 07 Des 2017 13:53 117

Warga Panunggangan Barat Digusur

Peringatan Maulid Nabi di PDAM TKR

Senin, 04 Des 2017 14:20 138

Peringatan Maulid Nabi di PDAM TKR

Perahu Nelayan Rusak Dihantam Gelombang

Jumat, 01 Des 2017 11:37 180

Perahu Nelayan Rusak Dihantam Gelombang