PegiPegi
id

Pemkab Lebak Mulai Tata Destinasi Wisata Goa Lalay

By  Jul 12, 2017 | 17:47
Salah satu sudut Goa Lalay.(Lebak unique)

Lebak - Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak mengaku tengah melaksanakan kegiatan pengembangan destinasi wisata Goa Lalay yang terletak di Kampung Cipanas, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

 

Kepala dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Hayat Syahida mengatakan, penataan destinasi wisata tersebut bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui potensi salah satu wisata unggulan di Lebak ini, mengingat selama ini wisata yang memamerkan keindahan alam belum terekspose ke publik.

"Kita tengah berupaya agar masyarakat atau wisatawan bisa dengan mudah datang ke lokasi," kata Hayat kepada Banten Hits, Rabu (12/7/2017).

Menurutnya, pengembangan ini tidak lepas dari peran serta Kepala Desa (Kades) yang juga mau menyumbangkan sebagian anggaran untuk penataan wisata Goa Lalay yang memang akan mendongkrak pamor desa selain wisata pantai Sawarna.

"Kerjasama dengan Pemdes setempat untuk soal anggaran, saat ini tangga menuju Goa Lalay baru terbuat dari kayu, nah sekarang kita akan coba benahi itu," jelasnya.

Hayat mengaku, keberanian pemerintah desa dengan menganggarkan Rp. 50 juta dan 100 sak semen untuk perbaikan tracking Goa Lalay perlu ditindak lanjuti secara bersama-sama, agar dalam pelaksanaannya bisa maksimal.

"Kita berharap obyek wisata ini bisa dijadikan unggulan oleh masyarakat desa Sawarna, khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, juga memberikan pemahaman kepada masyarakat di seputar lokasi Goa Lalay betapa pentingnya sadar wisata dan penerapan Sapta pesona," imbuhnya.

"Tak ketinggalan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar goa dan pendapatan desa maupun kabupaten Lebak," tambahnya.

Untuk diketahui, Goa Lalay merupakan goa batu kapur dengan  pintu masuk berdiameter 2,5 M x 4 M dan panjang goa lebih kurang 2 KM. Namun, pengunjung hanya bisa masuk sampai dengan kedalaman 400 mMkarena beberapa faktor.

Destinasi wisata ini akan menyuguhkan keindahan alam yang terdapat dalam goa, lantaran terbentuk secara alamiah juga pelengkap sebagai keindahan dari berbagai wisata di Sawarna.(Zie)